Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint

Masih dalam tema powerpoint kali ini saya membagikan Cara  Membuat Efek Animasi di PowerPoint memberikan transisi visual yang halus antara berbagai kondisi presentasi Anda dengan memindahkan objek di tempat atau di sekitar kanvas slide.

Gerak membangkitkan insting manusia yang paling dasar dan secara alami menarik perhatian mata. Digunakan dengan baik, animasi membuat pengalaman menonton menarik dan dinamis.

Gagasan utama menggunakan animasi tidak hanya untuk membuat konten interaktif dan menghibur, tetapi juga untuk menarik perhatian pemirsa ke poin-poin utama dan karenanya mengekspresikan ide-ide dengan cara yang lebih mengesankan.

Ada banyak animasi di Microsoft PowerPoint yang dapat diterapkan pada teks, bentuk, atau gambar. Beberapa efek yang paling umum digunakan adalah: Muncul, Fade in, Fly in, dll. Kadang-kadang imajinasi kita melampaui animasi PowerPoint standar, jadi kita perlu membuat animasi yang lebih kompleks dan unik yang tidak mengandung presentasi lain.

Ada dua cara pembuatan animasi khusus:

1. Kombo animasi: beberapa animasi diterapkan pada satu objek
2. Jalur gerak khusus

Mari kita selami lebih dalam pada kedua opsi ini, lihat variasi mereka dan tinjau beberapa contoh.

Kombo Animasi Kustom


Objek tunggal pada slide PowerPoint mungkin memiliki banyak efek animasi yang diterapkan pada saat yang bersamaan. Menyesuaikan pengaturan untuk setiap efek akan membuat kombinasi yang kemungkinan besar akan menjadi unik.

PowerPoint memiliki bilah alat yang disebut Panel Animasi yang memberi Anda kendali penuh atas animasi pada slide. Ini membuat membuat animasi canggih sangat mudah hanya dengan beberapa klik.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint


1. Untuk menampilkan Panel Animasi, beralih ke tab Animasi di PowerPoint Anda dan klik tombol masing-masing.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint


Catatan: Panel Animasi dulu memiliki nama dan penempatan yang berbeda di PowerPoint 2007. Jika Anda menggunakan MS Office 2007, beralihlah ke tab Perlihatkan Slide dan klik Animasi Kustom untuk membuka bilah sisi yang menampilkan animasi.

Tip: Anda juga dapat mengaktifkan Panel Pemilihan untuk memberikan nama yang berbeda untuk objek pada slide (Beranda → Pilih → Panel Pilihan).

2. Pilih objek pada slide.

3. Klik tombol Tambah Animasi atau pilih animasi dari galeri sampel di sebelah kiri. Ini akan menerapkan efek pertama pada objek.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint

4. Untuk menerapkan animasi tambahan, klik lagi tombol Tambah Animasi yang sama. Penting untuk mengetahui bahwa hanya opsi ini yang akan menambahkan animasi. Metode lain akan menggantikan animasi sebelumnya.

5. Klik kanan pada animasi berikutnya dan pilih Mulai Dengan sebelumnya sehingga kedua animasi akan bertepatan. Jika Anda memilih Setelah sebelumnya, animasi akan diatur secara berurutan.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint

6. Animasi-Combo kini telah dibuat! Setelah beberapa efek ditugaskan ke satu objek, Anda dapat melihatnya ditumpuk di Panel Animasi. Ketika Anda memilih objek pada slide, semua animasinya akan dipilih secara otomatis di Panel Animasi dan galeri Animasi akan menunjukkan Beberapa.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint



7. Sekarang Anda dapat mengontrol opsi efek yang disediakan oleh banyak animasi. Misalnya, Anda dapat mengubah arah efek Terbang Masuk. Untuk melakukan itu, klik kanan pada efek tertentu dari daftar di sidebar dan pilih item Opsi Efek dari menu drop-down, yang akan membuka jendela sembulan dengan pengaturan efek. Anda juga dapat memilih animasi dan mengeklik menu tarik-turun Opsi Efek tepat di tab Animasi.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint

8. Pengaturan waktu dapat dikelola tepat di Panel Animasi. Saat Anda mengarahkan mouse ke timeline hijau untuk efek, Anda dapat menyesuaikan waktu mulai untuk animasi yang dipilih. Jika Anda mengklik mouse di perbatasan dan menarik, durasi animasi khusus ini akan diubah.

9. Anda juga dapat menggunakan input numerik dengan mengklik kanan pada animasi dan memilih Timing.

10. Jika Anda ingin mengulangi animasi, mis. suatu objek akan berdenyut saat bergerak, Anda dapat mengatur jumlah pengulangan khusus dalam jendela yang sama.

Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint


Catatan: iSpring akan membaca nilai tak terbatas Ulangi: Hingga Akhir Slide sebagai 1 karena mesin konversi tidak dapat menghitung panjang slide, yang penting untuk dilanjutkan. Untuk mengatasinya, set Ulangi ke nilai numerik apa pun, mis. 99, itu akan meniru tindakan berulang yang sangat lama.

Cukup mudah bukan cara membuat animasi mengunakan powerpoint..

Itulah artikel tentang Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

Sekian dan Terimakasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Efek Animasi di PowerPoint"

Berlangganan via Email