Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pendahuluan & Akhir Pertemuan XIII Backup & Restore

PERTEMUAN XIII

BACKUP & RESTORE


Jelaskan apa yang dimaksud dengan backup ?



Penulisan artikel ini berdasarkan tugas dari praktikum basis data mengenai backup dan restore, yang sebenarnya fungsi nya hampir sama yaitu menyelamatkan data kita. 

Kalian pasti sering kan ga sengaja kepencet hapus gitu sehingga data ilang. atau ingin jika sewaktu data kalian terhapus semua kalian masih ada salinan nya.

Untuk tugas sebenarnya ditulis tangan, bagi kalian yang mendapatkan tugas yang sama semangat ya wkwk, Oke langsung saja ke soal dan jawaban nya


TUGAS PENDAHULUAN

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan backup ?


Backup adalah membuat data cadangan dengan menyalin file atau sebuah data yang ada di taruh di tempat yang kita tentukan sehingga jika terjadi kerusakan atau kehilangan file atau sebuah data nya kita mempunyai data duplikat yang sudah kita backup tadi sehingga datanya bisa di kembalikan.

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan restore ?


Restore adalah proses mengebalikan file atau sebuah data bisa juga sebuah system kedalam keadaan semula seperti keadaan sebelum kereset atau kehapus oleh program, dan restore sendiri ada dua jenis yaitu system restore dan restore image backup. memang secara fungsi sebenernya sama dengan backup.

3. Jelaskan secara singkat tahapan-tahapan mem-backup sebuah data pada MySQL!

Untuk mengbackup sebuah data pada mysql kalian silahkan buka cmd atau software data base yang lain bebas mau menggunakan apa saja kemudian kalian ketikan perintah seperti di bawah ini:

mysql>dump -u [uname] -p[pass] [dbname] > [backupfile].sql

[uname] username untuk akses ke database;
[pass] password dari[uname];
[dbname] nama database yang akan dilakukan backup atau export;

[backupfile] nama untuk file backupnya.

4. Jelaskan secara singkat tahapan-tahapan me-restore sebuah data pada MySQL!

Untuk me-restore atau mengembalikan sebuah data pada mysql kalian silahkan buka cmd atau software data base yang lain bebas mau menggunakan apa saja kemudian kalian ketikan perintah seperti di bawah ini:

mysql -u [uname] -p[pass] [dbname] < [backupfile].sql

[uname] username untuk akses ke database;
[pass] password dari [uname];
[dbname] nama database yang akan dilakukan restore atau import;

[backupfile]  nama untuk file yang akan dilakukan restore.


TUGAS AKHIR

1. Buatlah kesimpulan praktikum di atas !


Backup di MySQL sebenarnya ada 2 jenis, yaitu secara otomatis dan manual. Secara otomatis kita dapat menggunakan konsep replication , dimana server database kita secara real-time di-backup dengan server lain. Jika terdapat perubahan di server utama kita, maka secara otomatis perubahannya akan direplikasike server kedua. 

mysqldump nama_database >  lokasi_backup –u root

Bisa juga dilakukan backup secara manual bisa di letakkan di penyimpanan pc kita atau menyimpanan online seperti mediafire, google drive, drop box, dll.

Proses restore juga dapat dilakukan melalui perintah SQL dengan memanfaatkan mysql dan juga bisa menggunakan software bantuan
mysql nama_database <  lokasi_backup –u root

Tujuan dari restore hampir sama dengan backup yaitu untuk menyelamatkan data. Bedanya, jika backup dengan cara menyalin data, sedangkan restore yang bertugas mengembalikan data maupun sistem seperti semula.

Pada saat praktek basis data ini  menggunakan cmd.

itulah contoh soal dan jawaban pada pertemuan 13 ini.

Demikian artikel tentang Tugas Pendahuluan & Akhir Pertemuan XIII Backup & Restore jika ada salah kata saya mohon maaf dan jika ada yang masih kurang jelas silahkan ditanyakan. saya sangat senang sekali jika anda bisa memberikan pendapat mengenai artikel saya ini supaya bisa berkembang lebih baik lagi.

Sekian dan terimakasih. 

Berlangganan via Email