Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Pendahuluan & Akhir Pertemuan X Operasi Join

PERTEMUAN X

OPERASI JOIN


Apa yang dimaksud dengan Join dalam MySQL!


Penulisan artikel ini adalah tugas dari praktikum basis data, sebenarnya dalam bentuk tulisan tangan pas pengumpulan tugasnya, berhubung tulisan tangan saya jelek makanya tuisan laptop saja yang saya pasang wkwk.

Oke tanpa basa basi langsung saja ke soal dan jawaban tugas pendahuluan dan akhir pertemuan 10 ini.


TUGAS PENDAHULUAN

1. Apa yang dimaksud dengan Join dalam MySQL!


Yang di maksud join dalam mysql adalah Salah satu fitur SQL yang paling banyak digunakan dalam menggabungkan table dengan query – query untuk mendapatkan kembali data. Join merupakan salah satu dari beberapa operasi paling penting yang dapat kita lakukan dengan menggunakan statement SELECT.
JOIN sendiri terdiri dari 5 macam yaitu INNER JOIN, CROSS JOIN, STRAIGHT JOIN dan OUTER JOIN dari kelima jenis itu mempunyai fungsi yang berbeda.


2. Jelaskan perbedaan dari Operasi Join INNER JOIN dan OUTER JOIN!


Perbedaannya adalah jika INNER JOIN merupakan jenis join yang paling umum yang dapat digunakan pada semua database. Jenis ini dapat digunakan bila ingin merelasikan dua set data yang ada di tabel, letak relasinya setelah pada perintah ON pada join. Hasil dari inner join adalah gabungan kedua tabel yang memiliki data join yang sama.

Sedangkan,OUTER JOIN merupakan tipe join yang mencari referensi data dari suatu table sumber ke table lain dengan tidak menghilangkan data sumber apabila referensi tidak diketemukan,

OUTER JOIN dibedakan menjadi 3 yaitu:

Left outer join, penggabungan 2 tabel atau lebih dengan tabel sebelah kiri sebagai rujukan.
Right outer join, penggabungan 2 tabel atau lebih dengan tabel sebelah kanan sebagai rujukan.
Full outer join, penggabungan 2 tabel atau lebih yang anggotanya adalah semua yang memiliki nilai sama atau tidak sama.

3. Jelaskan perbedaan dari Operasi Join UNION dan Subquery!


Perbedaannya adalah jika Operasi UNION digunakan untuk menggabungkan beberapa perintah select hingga menghasilkan sebuah hasil yang merupakan gabungan dari beberapa perintah select. Sedangkan Operasi Subquery adalah sebuah perintah yang memproses nilai dari hasil perintah lainnya.

4. Jelaskan perbedaan dari Operasi Join!


Perbedaan dari Operasi Join yaitu melakukan penggabungan data atau table dengan table yang lain sehingga saling melengkapi dan menjadi table yang baru.
Inner join yang paling umum digunakan dalam database, outer oin menghasilkan record yang ada maupun tidak ada.


Selain tugas Pendahuluan saya kasih juga nih tugas akhirnya dari pada kalian bingung untuk hasil kesimpulan nya.

Tugas Akhir Pertemuan 10

1. Buatlah kesimpulan praktikum di atas !

JOIN Memiliki 5 macam jenis yaitu INNER JOIN, CROSS JOIN, STRAIGHT JOIN dan OUTER JOIN.

Inner Join Merupakan operasi join yang digunakan untuk menghasilkan kumpulan record dari dua buah table atau lebih dengan nilai yang sama,nilai tersebut merupakan irisan yang terdapat pada table-table tersebut.  
SELECT *from table_1 INNER JOIN table_2 on table_1.nama=table_2.nama; 

Left  Outer Join Merupakan operasi join  yang di gunakan untuk menghasilakan kumpulan record dari dua table atau lebih, dengan asumsi bahwa table sebelah kiri sebagai rujukan. Anggotanya adalah semua yang memiliki nilai sama dengan asumsi table sebelah kiri tersebut. 
SELECT * from table_1  LEFT OUTER JOIN table_2 on table_1.nama= table_2.nama;

itulah soal dan jawabannya,

Demikan artikel tentang tugas pendahuluan dan akhir pertemuan 10 ini, jika kalian mau hasil scan nya bisa email saya atau komentar saja nanti kalo masih hasil scan tulisan tangan nya saya kasih..

Sekian dan Terimkasihh...