Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertemuan 13 Animasi Komputer Grafik

Pertemuan 13 

Animasi Lanjutan



Assalamualaikum wr,wb pada pertemuan ini materi yang di bahas adalah animasi lanjutan yang sudah pernah di bahas pada pertemuan sebelumnya, apakah animasi itu? Animasi adalah gambar bergerak yang disusun secara beraturan berdasarkan timing tertentu.  

Materi yang dibahas di pertemuan ini Hardware Display : Vektor, apakah hardware display vektor? Gambar Vektor tersusun atas objek garis, kurva, bentukan(shape) dan memiliki atribut seperti : isian warna, isian tekstur, garis tepi. Atribut objek elemen gambar vektor dapat diubah ukurannya, bentuknya, warnanya, secara individual tanpa menurunkan kualitas gambar.

Masing - masing objek tersebut terwujud dari hasil pemetaan koordinat dan persamaan matematis. Maka, gambar vektor tidak akan “pecah” dan berkurang kualitasnya jika diubah ukurannya secara keseluruhan.

Contoh gambar vektor adalah ilustrasi, kartun, dan text. Dari uraian itu, gambar vektor bersifat resolution independent.


Contoh : Jika anda menggunakan Browser Mozilla Firefox coba tekan CTRL + berkali-kali untuk memperbesar ukuran, maka akan terlihat bahwa Text tidak mengalami penurunan kualitas Warna, sedangkan objek gambar akan terlihat kotak-kotak bergerigi bahkan buram.

Kemudian Materi display raster (bitmap image) merupakan gambar digital yang tersusun dari sekumpulan titik penyusun gambar yang disebut pixel (picture-x element). 


Pixel-pixel penyusun
gambar berkumpul dan bergabung membentuk seperti mozaik kemudian memanipulasi
mata sehingga pada jarak pandang tertentu akan tampak kesan gambar utuh. 
Contoh program:



/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package Elerning;

import javax.imageio.*;
import java.io.*;
import java.awt.image.*;
import javax.imageio.ImageIO;
import javax.swing.ImageIcon;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;

/**
 *
 * @author lenovo
 */
public class image extends JFrame{ 
public static void main(String[] args) {

new image();

}

public image(){

super("Elerning baca file");

setSize(700, 500);

setDefaultCloseOperation(JFrame.DISPOSE_ON_CLOSE);

try{

String IMG_PATH = "D:\\unpam2.jpg";

BufferedImage img = ImageIO.read(new File(IMG_PATH));

ImageIcon icon = new ImageIcon(img);

JLabel label = new JLabel(icon);

label.setBounds(10, 10, 550, 450);

add(label);

}catch (Exception e) {

}

setLocationRelativeTo(null);

setLayout(null);

setVisible(true);

}

}


Untuk hasil outputnya:
display raster

itulah cara menampilkan image dari perangkat kita dengan display raster,


pada tugas ini kita sedang mengalami belajar dirumah jadi kegiatan belajar mengajar di lakukan secara online maka dari itu jika kurang jelas harap di maklumi ya.

Anda bisa membuat kreasi yang lebih menarik lagi dari materi ini, saya hanya membuat dasar nya yang paling udah saja karna terbatas waktu pengerjaan nya jadi silahkan kreasikan lagi yaa.

Banyak segali kondisi yang bisa diterapkan untuk display raster ini yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehar hari.

Demikian artikel pada pertemuan 13 ini jika ada kesalahan dalam penyampaian saya minta maaf, dan jika masih ada yang belum jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar.

Sekian dan terimaksih.

Post a Comment for "Pertemuan 13 Animasi Komputer Grafik"

Berlangganan via Email