Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Aplikasi Camera di Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Camera di Android Studio

Penulisan artikel ini berdasarkan tugas dari mata kuliah mobile programming untuk membuat sebuah aplikasi android untuk bisa membuka kamera dan melihat isi galeri perangkat android kita.

Pada tugas yang diberikan kita disuruh membuat apikasi  kamera dimana jika kita menekan tombol video maka akan berubah ke video dan jika kita menekan tombol galery akan meminta ijin untuk membuka galery kita, dan galery nya juga yang external

Sebuah smartphone pasti sudah asing lagi dengan camera hampir semua smartphone pasti memiliki aplikasi camera, selanjutnya bagaimana cara membuatnya? sesuai dengan judul artikel ini saya akan memberi tutorial Cara membuat aplikasi camera pada android studio.

membuat camera android studio


Software aplikasi android yang berkembang paling pesat adalah kamera. Bahkan hardware nya pun sekarang juga makin canggih bisa kita lihat sekarang model di kamera samrtphone sangat bermacam macam


Kamera adalah sebuat sofware sensor yang paling terlihat dan paling sering digunakan dalam sebuah perangkat android. Para pembeli banyak yang mengedepankan kualitas kamera pada suatu smartphone sebelum mereka membelinya, dan kemampuan kamera semakin baik untuk tiap generasinya.

Di jaman dulu sebelum ada smartphone dan masih menggunakan hp biasa yang ada kamera nya itu sungguh sangat gembira sekali karna kita bisa mengabadikan momen kita di dalam sebuah foto atau video.

Bahkan kualitas dari gambar dan video pada jaman dulu masih se adanya belum secanggih sekaran ini.

Oke langsung saja kita menuju ke materi nya:

Yang pertama silahkan buka android studio nya dan silahkan beri nama project sesuai keinginan kalian. Jika sudah silahkan buka Manifest nya
Untuk mengakses perangkat keras Kamera membutuhkan permission eksplisit atau semacam perizinan dalam file XML AndroidManifest, Silahkan tambahkan source code berikut:

<uses-permission android:name="android.permission.CAMERA" />

Supaya kita bisa membuat folder atau menyimpan ke media penyimpanan eksternal, maka perlu menambahkan pernyataan permission berikut ini source code nya:

<uses-permission android:name="android.permission.WRITE_EXTERNAL_STORAGE" />

Selanjutnya jika untuk melakukan merekam video pasti juga membutuhkan audio nya kan maka dari itu untuk dapat merekam audio, perlu harus ditambahkan pernyataan permission di bawah ini:

<uses-permission android:name="android.permission.RECORD_AUDIO" />


ini contoh source code java nya langsung saja anda copas:





dan ini code xml nya


itulah contoh aplikasi camera sederhana, silahkan di kembangkan lagi atau di sempurnakan lagi,
silahkan anda coba jalankan aplikasi nya

Dalam contoh yang sudah saya buat itu hanya materi yang diberikan oleh dosen saja belum ada yang saya tambahkan untuk memodifikasi aplikasinya., karna memang terbatas dalam waktu pengerjaan nyaa.

Jadi jika masih sangat basic sekali harap di makklumi ya. itupun sudah tidak eror saja alhamdulilah banget karna kadang meskipun materi yang diberikan oleh dosen masih banyak terdapat eror yang menyebabkan kita harus mencaritau lagi letak eror dan kesalahan nya dimana.

Jika anda minat banyak tutorial di google yang tampilan nya lebih keren lagi idak hanya basic seperti itu saja, anda bisa mengunjungi situs codepolitan atau sekolahkoding itu disana sangat lengkap dalam memberikan tutorial mengenai dunia informatika.

Selanjutnya nanti saya juga akan upload tugas yang lain tentang android studio di tunggu saja.

TUGAS

Pada project diatas tambahkan menu untuk mengUpload hasil Gambar ke media social!


Demikian artikel tentang cara membuat aplikasi camera di android studio, jika ada kesalahan kata ataupun masih kurang jelas dalam penyampaian saya silahkan di tanyakan.


Sekian dan Terimakasih...